Senam ibu hamil, meningkatkan sirkulasi darah saat masa kehamilan

  • Sep 28, 2020
  • mangunlegi

Mangunlegi: Senin, 28 September 2020.

mangunlegi-batangan.desa.id. Pada hari Senin tanggal 28 September 2020 tepatnya pukul 09.00 WIB hingga 10.30 WIB, PKK Desa Mangunlegi dan Bidan Desa mengadakan kelas ibu hamil. Kegiatan ini bertempat di Balai Desa Mangunlegi.

Persiapan melahirkan haruslah benar-benar matang agar proses persalinan berlangsung lancar. Di tengah pandemi Covid-19, persiapan ini butuh upaya ekstra demi memastikan keamanan ibu dan bayi dari ancaman virus corona. Untuk itu, peran orang tua dan tenaga kesehatan yang menangani persalinan amat dibutuhkan.

[caption id="attachment_2617" align="aligncenter" width="300"] Kelas Ibu Hamil oleh Bidan Desa dan Kader PKK.[/caption]

Sebanyak 8 orang Ibu Hamil mengikuti Kelas Ibu hamil. Kegiatan Kelas Ibu Hamil meliputi senam bersama dan Pemberian Makanan Tambahan ( PMT ) untuk Ibu hamil. Tujuan dari diadakannya kegiatan senam Ibu hamil tentunya untuk persiapan mengatur napas saat persalinan. Latihan mengatur pernapasan sangat penting untuk ibu hamil, karena dapat membantu ibu dalam proses kelahiran, terutama dalam persalinan normal. Selain itu, senam ibu hamil perlu dilakukan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan membuat tubuh lebih segar saat masa kehamilan.

Dalam Kegiatan tersebut Bidan Desa, Ibu Dian Maya mengatakan, Ibu hamil harus menjaga pertahanan tubuh dengan makan secara teratur, termasuk memperhatikan berbagai makanan bergizi yang mencakup empat sehat lima sempurna yang terdiri atas sumber karbohidrat (nasi, roti, sereal); protein (daging, telur, hewan laut, dan kacang-kacangan); sumber serat, vitamin, mineral, dan perbanyak makan sayur dan buah-buahan.

[caption id="attachment_2615" align="aligncenter" width="300"] Ibu hamil mengikuti kegiatan ini dengan tetap menjaga protokol kesehatan yaitu dengan menjaga jarak dan memakai masker.[/caption]

Selain itu ibu hamil juga boleh mengonsumsi susu sapi dan produknya seperti yoghurt dan keju, juga susu lowfat atau rendah lemak. Cukup garam, terutama garam beriodium. Pada Kegiatan kali ini kader PKK telah menyiapkan PMT untuk Ibu Hamil, tambahnya.