Sedekah bumi dukuh mangunan, masyarakat sepakat hanya lakukan tasyukuran

  • Sep 03, 2020
  • mangunlegi
  • BERITA

Mangunlegi. Sedekah bumi merupakan kegiatan setahun sekali yang diperingati oleh masyarakat Desa Mangunlegi.  Walaupun ditengah pandemi covid-19, Pemerintah Desa Mangunlegi mengadakan musyawarah untuk kegiatan sedekah bumi Dukuh Mangunan.

Dukuh Mangunan merupakan salah satu Dukuh di Desa Mangunlegi yang terletak di sebelah Timur. Desa Mangunlegi sendiri mempunyai 2 Dukuh, yaitu Dukuh Mangunan dan Dukuh Asemlegi.

[caption id="attachment_2197" align="aligncenter" width="300"] Musyawarah dilakukan di Balai Desa Mangunlegi[/caption]

Kamis, 3 September 2020 pukul 19.00 WIB bertempat di Balai Desa Mangunlegi telah dilaksanakan musyawarah untuk membahas Sedekah Bumi Dukuh Mangunan. Musyawarah tersebut dipimpin oleh Kepala Desa Mangunlegi, Bapak Sugiyarto. Dalam pelaksanaannya, musyawarah mengenai sedekah bumi Dukuh Mangunan berjalan dengan lancar dan tertib.

Dalam Musyawarah itu masyarakat telah memberikan usul yang telah ditampung oleh Kepala Desa Mangunlegi. Hasil musyawarah yang telah disepakati antara lain:

  1. Sedekah Bumi Dukuh Mangunan dilaksanakan pada Minggu, 13 September 2020.
  2. Sedekah Bumi dilakukan secara sederhana.
  3. Tidak Boleh ada keramaian.
  4. Waktu Tasyakuran di wajibkan mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, cuci tangan dan tetap menjaga jarak aman.
  5. Tidak menggelar pertunjukan seni budaya "Ketoprak" dan Orkes Dangdut.

Masyarakat yang hadir tetap mematuhi protokol kesehatan. Hal itu dapat diketahui karena masyarakat memakai masker dan mencuci tangan sebelum mengikuti musyawarah tersebut.

[caption id="attachment_2195" align="aligncenter" width="300"] Masyarakat Tetap mematuhi Protokol Kesehatan[/caption] [caption id="attachment_2194" align="aligncenter" width="300"] Bapak Sugiyarto, memimpin Musyawarah sedekah bumi Dukuh Mangunan[/caption]
Kepala Desa Mangunlegi, Bapak Sugiyarto mengatakan walaupun sedekah bumi Dukuh Mangunan tidak seperti tahun lalu, namun saya berharap tasyakuran untuk sedekah bumi Dukuh Mangunan dapat berjalan dengan lancar.