Sedekah bumi dukuh asemlegi berlangsung dengan sederhana dan khidmat

  • Aug 28, 2021
  • mangunlegi

mangunlegi-batangan.desa.id. Masyarakat Dukuh Asemlegi Desa Mangunlegi, hari ini Sabtu 28 Agustus melaksanakan kegiatan sedekah bumi. Acara ini merupakan ritual tahunan yang di laksanakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kegiatan ini di hadiri oleh seluruh jajaran Pemerintahan Desa Mangunlegi dan warga Dukuh Asemlegi, berlangsung di punden setempat dengan sederhana dan mematuhi protokol kesehatan.

[caption id="attachment_3960" align="aligncenter" width="300"] Masyarakat yang hadir patuh memakai massker.[/caption]

Proses acara sedekah bumi di awali dengan bacaan tahlil, yaitu mendoakan semua leluhur yang telah merintis berdirinya Dukuh Asemlegi yang di pimpin oleh kasi Pelayanan Desa Mangunlegi, Bapak Sukaryono. Selanjutnya do'a memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar semua warga Dukuh Asemlegi di jauhkan dari segala musibah dan penyakit, serta di berikan aman, tentram dan sejahtera.

[caption id="attachment_3961" align="aligncenter" width="300"] Bacaan do'a di pimpin oleh Kasi Pelayanan Desa Mangunlegi.[/caption]

Sedekah bumi merupakan tradisi yang selalu di laksanakan oleh masyarakat Indonesia, khususnya yang hidup di Pulau Jawa. Kegiatan ini merupakan warisan dari para leluhur, yang sampai saat ini masih di jalankan oleh masyarakat. Tradisi ini merupakan warisan yang bagus, karena mengajarkan untuk selalu bersyukur kepada Tuhan atas segala nikmat yang telah di berikan.

[caption id="attachment_3962" align="aligncenter" width="300"] Babinsa ikut mengawal dan memberikan arahan agar masyarakat yang hadir tetap memakai masker dan menjaga jarak.[/caption]

Ritual sedekah bumi ini biasanya masyarakat hadir dengan membawa makanan, berupa nasi tumpeng beserta lauknya untuk di do'akan di punden. Kemudian makanan yang sudah di doa'kan tadi di bawa pulang untuk di makan bersama keluarga agar mendapat barokahnya.