Pelaksanaan kegiatan pekan imunisasi nasional di Desa Mangunlegi

  • Feb 22, 2024
  • MANGUNLEGI-BATANGAN

mangunlegi-batangan.desa.id. Pemerintah Desa Mangunlegi melaksanakan pekan imunisasi nasional, hari ini Kamis 22 Februari Tahun 2024. Pemberian Imunisasi ini di laksanakan di Balai Desa Mangunlegi, dengan di hadiri Kader kesehatan dan Puskesmas Batangan. Pekan imunisasi ini khusus untuk pemberian imunisasi Polio bagi anak berumur 0 sampai 7 Tahun. Polio merupakan penyakit menular yang dapat menyebabkan kelumpuhan pada anak. Imunisasi ini bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh bayi dan anak  dengan cara memasukkan  vaksin, yaitu  virus dan bakteri yang sudah mati atau di lemahkan.

Dalam imunisasi ini khusus di berikan vaksin Polio. Polio merupakan penyakit menular karena infeksi virus yang menyerang sistem saraf otak dan saraf tulang belakang. Pada kasus yang parah bisa menyebabkan sesak napas, kelumpuhan, hingga kematian. Sehngga dengan diberikannya imunisasi vaksin volio ini di harapkan bisa mencegah penularan penyakit volio ini.Vaksi Polio ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu secara oral yang di teteskan ke mulut bayi ( OPV ), dan juga bisa lewat suntikan.( IPV ).  

Bayi mendapatkan Vaksin Polio jenis OPV ketika baru lahir, dan pada usia2,3,4 serta 18 bulan. Kemudian ada pengulangan setiap bulan pada usia 2,3 dan 4 bulan. Untuk jenis vaksin IPV, akan di berikan pada usia 2, 4, dan 6-18 bulan. Dengan adanya pemberian imunisasi khususnya vaksin Polio ini, di harapkan semua anak-anak di Mangunlegi terbebas dari penyakit polio.