Rapat koordinasi dan bimbngan teknis Panitia Pemungutan Suara se Kabupaten Pati

  • Dec 18, 2023
  • MANGUNLEGI-BATANGAN

mangunlegi-batangan.desa.id. Panitia Pemungutan Suara ( PPS ) Desa Mangunlegi ikut hadir dalam rapat koordinasi di Hotel New Merdeka Pati. Acara yang di laksanakan oleh KPU Kabupaten Pati ini, merupakan rapat koordinasi dan bimbingan teknis kepada seluruh Panitia Pemungutan Suara ( PPS ) se Kabupaten Pati. Acara yang berlangsung tanggal 16 sampai 17 Desember kemarin, di bagi tiga sesi, pagi, siang , dan malam hari. Materi yang di sampaikan meliputi pembentukan KPPS di tingkat PPS, dan pra bimbingan teknis sirekap pada pemilihan umum tahun 2024 nanti. Hadir sebagai nara sumber Ketua dan jajaran anggota KPU Kabupaten Pati'

Sampai saat ini tahapan pemilihan umum sudah sampai dalam pembentukan KPPS. Dimana pendaftaran berlangsung tanggal 11 sampai 20 Desember 2023. Ada banyak persyaratan yang harus di penuhi bila ingin menjadi anggota KPPS. Semuanya bisa di lihat dan di tanyakan di masing-masing kantor PPS. KPPS merupakan penyelenggara pemilu yang melakukan pemungutan dan penghitungan suara di TPS, dengan masa tugas selama satu bulan. Sementara hasil penghitungan pemilu nanti memakai sirekap, sehingga di butuhkan calon anggota KPPS yang minimal menguasai tehnologi. Di samping itu batas maksimal untuk KPPS juga di batasi  yaitu 55 tahun. Hal ini untuk meminimalisir korban jiwa seperti pada pemilihan umum tahun 2019 kemarin. 

Di harapkan dengan adanya bimbingan teknis ini, seluruh Panitia Pemungutan Suara ( PPS ) di seluruh Kabupaten Pati bisa melaksanakan semua tahapan pembentukan KPPS dengan baik. Sehingga semua proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS, bisa berlangsung dengan lancar dan transparan, sehingga menghasilkan pemilu yang berkwalitas dan bisa di pertanggung jawabkan.