Puskesmas batangan laksanakan sosialisasi pemakaian masker untuk pencegahan covid-19

  • Sep 02, 2020
  • mangunlegi
  • BERITA

Mangunlegi, Dalam rangka melaksanakan Program Jogo Tonggo untuk mencegah persebaran covid-19, Pemerintah Desa Mangunlegi Kecamatan Batangan Kabupaten Pati bersama dengan Puskesmas Batangan mengadakan sosialisasi tentang Protokol Kesehatan untuk menghindari bahaya covid-19. Sosialisasi tersebut berlangsung pada hari Rabu, 2 September 2020 pukul 09.00 WIB di Balai Desa Mangunlegi.

[caption id="attachment_2184" align="aligncenter" width="300"] Banner Sosialisasi[/caption]

Ibu Puji Astuti,SKM Petugas Kesehatan dari Puskesmas Batangan mensosialisasikan pentingnya mematuhi protokol kesehatan pada masyarakat. Mematuhi Protokol Kesehatan dapat berupa selalu memakai masker, rajin mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer, menjaga jarak aman dan menghindari kerumunan orang.

Hadir dalam sosialisasi tersebut: Kepala Desa Mangunlegi, Perangkat  Desa, Satgas Jogo Tonggo, Kader Posyandu  dan Kader kesehatan desa  di dalam penyampaian sosialisasi beliau mengatakan  di masa New Normal ini, kita tidak bebas seperti dahulu tetapi kita beradaptasi dengan covid-19.

[caption id="attachment_2183" align="aligncenter" width="300"] Peserta Sosialisasi[/caption]
Menyebarnya Covid-19 memberikan dampak besar bagi kehidupan masyarakat di Indonesia. Banyak warga yang tidak mendapat penghasilan dan bahkan mata pencaharian selama wabah ini berlangsung. Terutama saat diterapkannya PSBB dan physical distancing di berbagai tempat. Program Jogo Tonggo memberikan manfaat kepada Masyarakat pada Bidang Ekonomi yaitu dengan memastikan bantuan tepat sasaran dan mendata warga yang tidak mampu menyediakan kebutuhan dasar.
Pada Bidang Kesehatan memberikan manfaat dalam mencegah persebaran covid-19 dengan cara mendata orang yang keluar masuk desa, penyemprotan desinfektan  secara rutin, memberikan tempat cuci tangan ditempat-tempat yang strategis, dan Memberikan masker gratis pada warga.

Kepala Desa Mangunlegi, Bapak Sugiyarto mengatakan bahwa dengan adanya sosialisasi ini diharapkan warga dapat mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, walaupun dalam pandemi covid-19, masyarakat harus tetap melakukan kegiatan seperti sedia kala namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Intinya di Massa New Normal ini kita harus tetap produktif. ( 02/09/2020)