Petani bandeng desa mangunlegi memasuki masa budidaya ikan bandeng tahap kedua

  • Mar 08, 2021
  • mangunlegi

mangunlegi-batangan.desa.id. Hari ini Senin 8 Maret 2021 para petani budidaya ikan bandeng mulai mempersiapkan kembali lahan tambaknya untuk penebaran benih untuk masa budidaya bandeng tahap kedua. Siklus masa budidaya bandeng tahap kedua ini biasanya berlangsung pada bulan Maret sampai bulan Juni, mengingat bulan Juli mayoritas lahan tambak di Mangunlegi sudah persiapan lahan untuk pembuatan garam.

Kebanyakan petani budidaya bandeng Mangunlegi mempunyai lebih dari dua lahan, artinya lahan yang satu untuk pembesaran, sedang yang lainnya untuk pembibitan. Sehingga setelah masa panen yang berlangsung di bulan Januari- Februari kemarin selesai, maka benih ikan bandeng yang ada di kolam tambak pembibitan sudah cukup besar untuk dipindah ke kolam tambak khusus pembesaran.

[caption id="attachment_3436" align="aligncenter" width="300"] Pemindahan ke tambak khusus pembesaran menggunakan jaring trol[/caption] [caption id="attachment_3437" align="aligncenter" width="300"] Ikan bandeng yang terjaring dikumpulkan di limbangan[/caption]

Bagi pembudidaya ikan bandeng yang hanya mempunyai satu lahan saja, biasanya mereka membeli dari petani yang mempunyai lahan pembibitan. Kalau dalam bahasa lokal petani bandeng Mangunlegi " tuangan " artinya membeli ikan yang sudah agak besar. Biasanya ukuran beratnya sudah 20- 30 ekor per kilogram. Sedang harganya berkisar Rp 500 -Rp 800 per ekor, tergantung kepintaran tawar menawar harga.

Sebenarnya para pembudidaya bandeng di Mangunlegi, sudah cukup cerdas dalam mengatur siklus budidaya bandeng. Biasanya mereka menargetkan masa panen tahap pertama bulan Januari- Pebruari, sedang panen kedua di bulan Mei- Juni. Mengingat bulan Juli mereka sudah mempersiapkan lahan tambaknya untuk beralih ke petani garam.

[caption id="attachment_3438" align="aligncenter" width="300"] Persiapan alat untuk menampung ikan bandeng[/caption] [caption id="attachment_3439" align="aligncenter" width="300"] Ikan bandeng siap dipindah ke tambak khusus pembesaran[/caption]

Proses pemindahannya sederhana, ikan yang sudah terkumpul di taruh di limbangan, kemudian baru dipindah ke kolam pembesaran.