Penyusunan tata tertib dan rencana anggaran biaya pemilihan kepala desa mangunlegi tahun 2021

  • Feb 12, 2021
  • mangunlegi

mangunlegi-batangan.desa.id. Pada hari Kamis tanggal 11 Februari 2021 kemarin, panitia pemilihan kepala desa Mangunlegi mengadakan rapat untuk menyusun tata tertib dan rencana anggaran biaya pelaksanaan pemilihan kepala desa. Acara yang berlangsung di balai desa ini dimulai pukul 09.00 sampai 11.00 WIB dengan dihadiri seluruh panitia dan BPD Mangunlegi. Desa Mangunlegi sendiri merupakan salah satu dari 14 desa di kecamatan Batangan yang mengikuti pemilihan kepala desa serentak gelombang pertama di tahun 2021 ini.

[caption id="attachment_3353" align="aligncenter" width="300"] Ketua panitia pemilihan memimpin rapat[/caption]

Dalam sambutannya ketua panitia pemilihan kepala desa Mangunlegi Bapak Sudiarto, meminta agar dalam menyusun tata tertib dan rencana anggaran biaya tetap mengacu pada PERBUB PATI NO 88 TAHUN 2020. Pembiayaan pemilihan kepala desa bisa dari bantuan keuangan dari kabupaten (APBD), kemudian dari APBDes sebagai dana pendukung. Karena pemilihan kepala desa ini masih dalam pandemi covid 19 maka perlu juga disiapkan anggaran untuk membeli alat protokol kesehatan yang bisa diambil dari APBDes, sesuai kemampuan desa.

Untuk anggaran bantuan keuangan dari kabupatan (APBD) sudah ditetapkan besaran nominalnya, begitu juga dengan APBDes pendukung yang berasal dari calon kepala desa juga sudah ditapkan berdasarkan jumlah penduduk . Untuk itu kita harus jeli dalam menyusun anggaran, agar semua pengeluaran bisa terdanai semua, katanya lebih lanjut.

[caption id="attachment_3354" align="aligncenter" width="300"] Peserta yang hadir tetap memakai masker[/caption] [caption id="attachment_3355" align="aligncenter" width="300"] Sekretaris menyampaikan rancangan tata tertib[/caption]

Untuk penyusunan tata tertib kita tinggal menyesuaikan yang ada di PERBUB saja. Dengan selesainya pembahasan tata tertib dan rencana anggaran ini, diharapkan proses pemilihan kepala desa Mangunlegi bisa berlangsung dengan lancar,aman,dan menghasilkan pemimpin yang terbaik yang mampu mengayomi rakyatnya.