Penyuluhan di kelas ibu hamil oleh posyandu melati putih meningkatkan pengetahuan ibu

  • Mar 18, 2021
  • mangunlegi

Mangunlegi: Kamis, 18 Maret 2021.

mangunlegi-batangan.desa.id. Pada hari Rabu tanggal 18 Maret 2021 telah diadakan Kelas Ibu Hamil oleh Posyandu Melati Putih bertempat di Balai Desa Mangunlegi. Acara tersebut dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

Tujuan kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos / kepercayaan / adat istiadat setempat, penyakit menular seksual dan akte kelahiran.

Adapun keuntungan kelas ibu hamil adalah materi diberikan secara menyeluruh dan terencana, penyampaian materi lebih komprehensif karena ada persiapan petugas sebelum penyajian materi, dapat mendatangkan tenaga ahli untuk memberikan penjelasan mengenai topik tertentu. Dalam acara pada pagi hari tersebut Ibu Dian Maya ( Bidan Desa ) bertindak sebagai tenaga ahli yang memberikan edukasi kepada IBu Hamil.

[caption id="attachment_3482" align="aligncenter" width="225"] makanan tambahan untuk ibu hamil[/caption]

Tujuan lainnya antara lain menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas, meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera, berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga dan gerakan ekonomi keluarga sejahtera.

Para ibu hamil juga menjadikan momen ini sebagai sarana untuk konsultasi kehamilan, Adapun kegiatan posyandu yang dilakukan meliputi : pemeriksaan kesehatan ibu, pemberian pil tambah darah (ibu hamil), pemberian vitamin A, pemberian makanan tambahan (PMT), dan imunisasi.