Peningkatan harga benih ikan bandeng diimbangi dengan harga jual di pasar

  • Apr 27, 2021
  • mangunlegi

Mangunlegi: Selasa, 27 April 2021.

mangunlegi-batangan.desa.id. Pada hari Selasa tanggal 27 April 2021, Banyaknya pembudidaya ikan bandeng di beberapa daerah menjadi indikator bahwa ikan bandeng masih menjadi salah satu komoditas unggulan. Begitu pula Petani Tambak yang terdapat di Desa Mangunlegi, Mayoritas merupakan pembudidaya ikan bandeng. Potensi ikan bandeng memang menjadi salah satu hal yang tidak boleh diragukan, permintaan ikan bandeng sendiri cukup stabil.

[caption id="attachment_3618" align="aligncenter" width="300"] Proses penebaran bibit ikan bandeng di tambak[/caption]

Namun, belakangan ini harga benih Bandeng mengalami kenaikan yang signifikan daripada biasanya. Benih bandeng nener yang biasanya dijual dengan harga 30 - 45 per ekor, dibandrol dengan harga 50 - 60 per ekor. Sedangkan benih ikan bandeng glondong yang biasanya dijual 85 - 95 per ekor sekarang ini dibandrol dengan harga 130 - 170 per ekor.

Tingginya harga benih ikan Bandeng sebanding dengan harga jual ikan bandeng di pasar. Lasmijan salah satu petani tambak pembudidaya ikan bandeng mengatakan bahwa saat dia panen, harga jual ikan bandeng di Pasar Porda Juwana yaitu Rp 34.000,- perkilogram dengan isi 3 - 4 ekor perkilogram. Sementara ikan Bandeng isi 5 - 6 ekor perkilogram dibeli dengan harga Rp. 33.000,- . Harga tersebut cukup tinggi dibandingkan dengan harga pada musim panen sebelumnya.

[caption id="attachment_3614" align="aligncenter" width="300"] Penebaran di Tambak budidaya[/caption]

Ikan Bandeng sendiri merupakan salah satu komoditas unggulan perikanan budidaya. Selain untuk mendukung ketahanan pangan dan gizi, usaha budidaya bandeng dapat diandalkan untuk meningkatan pendapatan pembudidaya skala kecil dan menengah.