Pemeriksaan lansia di desa Mangunlegi oleh UPT puskesmas batangan

  • Sep 25, 2020
  • mangunlegi

Mangunlegi: Jum'at, 25 September 2020.

mangunlegi-batangan.desa.id. Pada hari Jum'at tanggal 25 September 2020 tepatnya pukul 08.00 WIB, UPT Puskesmas Kecamatan Batangan melaksanakan pemeriksaan Lansia di Desa Mangunlegi. Sebanyak 3 petugas mendatangi rumah warga untuk pemeriksaan kesehatan.

[caption id="attachment_2604" align="aligncenter" width="300"] pemeriksaan Lansia yang dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Batangan[/caption]

Pemeriksaan Lansia yang menjadi target adalah lansia yang tidak dapat memeriksakan dirinya sendiri atau tidak dapat datang di UPT Puskesmas Batangan untuk mengecek kesehatannya. Kelompok usia lansia merupakan golongan orang yang memerlukan perhatian khusus dari keluarga dan lingkungan. Kebanyakan dari mereka secara tidak sadar, tidak mampu memenuhi sendiri kebutuhan akan kesehatannya.

[caption id="attachment_2601" align="aligncenter" width="300"] Pemeriksaan tekanan darah, suhu tubuh dll[/caption]

Manfaat dari pemeriksaan lansia ini adalah pertama Mempertahankan kesehatan fisik para lansia agar selalu bugar. Para lansia akan diperiksa kesehatannya oleh petugas kesehatan, baik keluhan saat ini, tekanan darah, pemeriksaan kimia darah (kolesterol, gula darah asam urat), dsb. Selain itu, banyak terdapat penyuluhan mengenai pola hidup sehat bagi lansia. Yang Kedua, Mempertahankan kesehatan psikologis lansia.

Saat mendatangi rumah warga, Petugas dari UPT Puskesmas Batangan di dampingi oleh Perangkat Desa Mangunlegi. Petugas dari UPT Puskesmas Batangan dalam melaksanakan tugasnya tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan menggunakan masker, sarung tangan dan face shiled.

[caption id="attachment_2602" align="aligncenter" width="300"] Pemeriksaan lansia oleh UPT Puskesmas Batangan dibantu oleh Perangkat Desa mangunlegi, Kasi Kesra, Bapak Sukaryono.[/caption]