Pembangunan jalan produksi pertanian di dukuh asemlegi

  • Sep 04, 2021
  • mangunlegi

mangunlegi-batangan.desa.id. Dengan memanfaatkan dana desa tahun anggaran 2021, Pemerintah Desa Mangunlegi membangun jalan rabat beton di Dukuh Asemlegi, tepatnya di RT01 RW 01. Jalan ini merupakan akses utama bagi masyarakat yang mau beraktifitas atau bekerja di sawah. Jalan sepanjang 70 meter ini juga satu-satunya pintu masuk menuju punden Dukuh Asemlegi.

[caption id="attachment_3991" align="aligncenter" width="300"] Pekerja sedang meratakan cor semen di jalan produksi pertanian.[/caption]

Pembangunan jalan produksi ini sebenarnya sudah di usulkan dan masuk dalam skala prioritas pembangunan tahun 2020 kemarin, tapi berhubung ada pandemi covid -19 maka anggarannya tersedot untuk bantuan langsung tunai dana desa. Karena itu pembangunannya di tunda dan baru terealisasi pada tahun ini. Jalan ini merupakan jalan yang biasa di lalui oleh masyarakat, baik untuk pergi ke sawah maupun mengangkut hasil pertanian. Selama ini bila hujan turun, jalan ini menjadi becek dan berlumpur sehingga hanya bisa di lalui dengan jalan kaki saja.

[caption id="attachment_3992" align="aligncenter" width="300"] Pekerja sedang mencampurkan adukan ke dalam molen.[/caption]

Karena struktur jalan ini masih tanah, maka perlu pemadatan dulu sebelum di rabat beton. Biar lebit kuat pengurukan menggunakan pedel, yaitu sejenis batu gamping putih. Setelah selesai pengurukan baru di lapisi dengan adonancor semen dengan tebal 0,12 meter. Jalan produksi pertanian ini nanti akan di buat selebar 3,5 meter, danpanjang 70 meter. Sehingga di harapkan dengan selesainya jalan ini, sepeda motor maupun mobil bisa lewat untuk mengangkut hasil pertanian, sehingga mengurangi biaya produksi para petani.

[caption id="attachment_3993" align="aligncenter" width="300"] Jalan produksi yang sudah jadi.[/caption]

Para petani di Asemlegi sangat berterima kasih atas selesainya pembangunan jalan ini, sehingga mereka merasa nyaman bila mau bekerja di sawah. Terutama bila musim hujan jalan sudah tidak becek lagi.