Pelatihan dan bimbingan tehnis bagi relawan pendataan SDGs desa mangunlegi

  • Apr 29, 2021
  • mangunlegi

mangunlegi-batangan.desa.id. Pemerintah Desa Mangunlegi mengadakan pelatihan dan bimbingan tehnis kepada relawan pendataan SDGs ( sustainable develepment goals). Acara yang di laksanakan hari Rabu 28 April 2021 kemarin di Kantor Desa Mangunlegi, dimulai pukul 10.00WIB hingga pukul 12.00WIB. Sebagai narasumber, pendamping kecamatan mbak Iin dan mas Yoga selaku pendamping tingkat desa.

[caption id="attachment_3622" align="aligncenter" width="300"] Narasumber memberi bimbingan tehnis pada relawan SDGs desa mangunlegi.[/caption]

Pelaksanaan SDGs sendiri mengacu pada peraturan Presiden no 59 Tahun 2017 tentang pelaksanaan dan pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan. Pemutakhiran data berbasis SDGs ini adalah pemutakhiran data IDM ( indeks desa membangun) yang sangat detail, sehingga bisa memberikan informasi lebih rinci dan lebih banyak, terutama yang berkaitan dengan Desa,RT, keluarga dan individu.

[caption id="attachment_3623" align="aligncenter" width="300"] Relawan pendataan SDGs mempraktekkan dengan menggunakan aplkasi androit.[/caption]

Relawan pendataan ini selanjutnya disebut dengan enemurator. Mereka harus melakukan pemutakhiran data masyarakat yang valid, dimana data ini nanti yang akan dijadikan acuan untuk perumusan rencana kerja dan acuan utama pengalokasian dana desa di tahun mendatang.

Salah seorang relawan pendataan Bapak Suko mengaku senang menjadi bagian dari pemutakhiran data SDGs ini. Ia jadi lebih banyak tahu tentang berbagai hal, terutama tentang indeks desa membangun (IDM), dimana IDM itu ternyata berdasarkan tiga indeks yaitu,ketahanan sosial, ketahanan ekonomi, dan ketahanan lingkungan," tambahnya.

[caption id="attachment_3624" align="aligncenter" width="300"] Peserta tetap mematuhi protokol kesehatan.[/caption]

Sementara itu Kepala Desa Mangunlegi, meminta agar relawan pendataan bekerja secara profesional, dan semua warga Mangunlegi agar memberikan informasi yang benar. Hal ini penting, biar tujuan Pemerintah baik pusat maupun daerah untuk merumuskan pembangunan berkelanjutan  bisa terealisasi.