Pelaku UMKM Produktif Desa Mangunlegi Antusias Mendaftar Program BPUM

  • Sep 09, 2020
  • mangunlegi
  • BERITA

Mangunlegi: Rabu, 9 September 2020 

Kantor Kepala Desa Mangunlegi telah didatangi warga masyarakat Desa Mangunlegi yang berduyun duyun guna untuk mengajukan bantuan Pemerintah. Bantuan ini berlaku bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).  Pendaftaran dilaksanakan mulai  8 September 2020 sampai dengan tanggal 9 September 2020.

Karena pendaftarnya kebanyakan tidak mempunyai Ijin Usaha Mikro Kecil dan Menengah sehingga Pemerintah Desa membantu untuk membuatkan Surat Keterangan Usaha ( SKU ). Hal itu dilakukan, guna memperlancar persyaratan untuk pengajuan Bantuan Pelaku Usaha UMKM yang terdapat di Desa Mangunlegi.

[caption id="attachment_2285" align="aligncenter" width="300"] Pendaftaran Bantuan UMKM di bantu Perangkat Desa[/caption]

Karena Masyarakat yang antusias sehingga pendaftar terlalu banyak. Sehingga petugas pendaftar yang dibantu oleh perangkat desa merasa kuwalahan tetapi tetap berkomidmen melayani sampai selesai. Pada tahapan selanjutnya, dilanjutkan dengan rekapitulasi  serta mengirimkan berkas ke Dinas Koperasi Kabupaten Pati.

Dengan adanya Program Banpres Produktif untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat disambut antusias oleh masyarakat karena terbukti banyaknya pendaftar dari Pelaku UMKM untuk mendapat Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro ( BPUM ). Dengan adanya Program tersebut dapat membantu Usaha Mikro yang bertahan ditengah pandemi  COVID 19 serta dapat membangkitkan usaha Mikro yang terdampak.

[caption id="attachment_2288" align="aligncenter" width="300"] Pendaftaran Bantuan UMKM di bantu Perangkat Desa[/caption]

Walaupun antusias masyarakat yang sangat besar dalam pendaftaran BPUM, Namun masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Mereka tetap menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum memasuki Kantor Desa Mangunlegi.

Jumlah warga Desa Mangunlegi yang mempunyai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari berbagai setor Usaha terdaftar sebanyak 78 Orang. Semua Pendaftar dengan pernyaratan lengkap telah mengajukan Program  Banpres Produktif Usaha Mikro Kecil dan Menengah Rp 2.400.000,-. Sedangkan Usaha Mikro yang sudah mendapatkan pinjaman KUR  kurang lebih 59 UKM.

[caption id="attachment_2286" align="aligncenter" width="300"] Bapak Kepala Desa Mangunlegi membantu UMKM membuat Surat Keterangan Usaha[/caption]
Bapak Sugiyarto selaku Kepala Desa menghimbau kepada para Pelaku UMKM ( Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang ada di Desa Mangunlegi karena para Pelaku UMKM  banyak yang belum mempunyai Ijin Usaha setelah pendaftaran ini untuk cepat menindaklanjuti dengan mendaftarkan Ijin Usahanya.