Musyawarah desa penyusunan rencana kerja pemerintah desa mangunlegi tahun 2022

  • Aug 31, 2021
  • mangunlegi

mangunlegi-batangan.desa.id. Setelah tahapan penetapan rencana pembangunan jangka menengah desa ( RPJMDes ) Mangunlegi di tetapkan, maka tahapan berikutnya adalah penyusunan rencana kerja pemerintah desa ( RKPDes ). Musyawarah desa penyusunan RKPDes Mangunlegi berlangsung di Balai Desa hari senin 30 Agustus kemarin, dengan semua peserta harus mematuhi protokol kesehatan.

[caption id="attachment_3980" align="aligncenter" width="300"] Peserta musyawarah desa wajib memakai masker.[/caption]

Dalam musyawarah desa ini juga di bentuk tim penyusun dan tim verifikasi. Dimana untuk tim penyusun RKPDes ini terdiri dari Kepala Desa sebagai pembina, kemudian ketua di jabat oleh sekretaris desa, Ketua LPMD menjabat sebagai sekretaris, serta anggota terdiri dari Perangkat Desa, tokoh masyarakat serta unsur KPMD dan kader pemberdayaan perempuan.

[caption id="attachment_3981" align="aligncenter" width="300"] Penanda tanganan berita acara pembentukan tim penyusun dan verifikasi RKPDes Mangunlegi tahun 2022.[/caption]

Tugas pokok dari tim penyusun rencana kerja pemerintah desa ( RKPDes ) Mangunlegi ini adalah mencermati perkiraan pendapatan desa, mencermati ulang dokumen RPJMDes, menyusun daftar usulan rancangan dan rencana kerja pemerintah desa selama setahun, serta menyusun desain dan rencana anggaran belanja kegiatan. Pada dasarnya RKPDes adalah penjabaran dari RPJMDes selama satu tahun, di mana RKPDes ini menjadi dasar penyusunan dan penetapan anggaran pendapatan dan belanja desa ( APBDes ) yang akan di ajukan ke Pemerintah Kabupaten.

[caption id="attachment_3982" align="aligncenter" width="300"] Bapak Camat Batangan memberi arahan terkait dengan penyusunan RKPDes tahun 2022.[/caption]

Tujuan dari penyusunan RKPDes ini agar perencanaan desa dalam pembangunan selama satu tahun, bisa mewujudkan dan menggali potensi desa secara maksimal, efisien dan menuju desa yang lebih maju, mandiri dan sejahtera.