Memanfaatkan waktu luang dengan budidaya lele media terpal di pekarangan rumah

  • Apr 18, 2021
  • mangunlegi

mangunlegi-batangan.desa.id. Ada banyak hal positip yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu luang. Apapun pekerjaan itu bila kita tekuni dengan sungguh- sungguh, maka akan banyak manfaat yang bisa kita rasakan. Seperti yang di lakukan seorang warga Desa Mangunlegi, yang bernama Wakimin. Dengan memanfaatkan pekarangan rumahnya yang tak terlalu luas, ia mencoba mengembangkan budidaya ikan lele dengan menggunakan media terpal.

[caption id="attachment_3586" align="aligncenter" width="300"] Dengan menggunakan terpal dan bambu sebagai media budidaya ikan lele.[/caption]

Bapak Wakimin merintis budidaya ikan lele tiga bulan yang lalu, untuk mengisi waktu luangnya. Ia memilih menggunakan bambu dan terpal sebagai medianya. Dengan memanfaatkan pekarangan rumahnya yang tak terlalu luas, ia membuat tiga kolam lele dengan ukuran 3 x 1 meter. Setiap kolam ia lengkapi dengan pipa pralon sebagai sirkulasi pembuangan air, sedang bahan baku air ia manfaatkan air PDAM yang memang sudah tersambung di rumahnya.

[caption id="attachment_3587" align="aligncenter" width="300"] Kolam lele yang berjajar rapi di depan rumah.[/caption]

Tiga kolam yang ia buat adalah untuk anakan dan pembesaran. Lelaki yang kesehariannya berprofesi sebagai tukang bangunan ini mengatakan," beternak lele ini untuk mengisi waktu luang, jadi bila makan tak punya lauk tinggal ambil di kolam, ikannya masih fres dan segar, sehingga lebih ekonomis," katanya lebih lanjut.

[caption id="attachment_3588" align="aligncenter" width="300"] Memberi makan ikan lele juga penghilang rasa stres.[/caption]

Apa yang dilakukan bapak Wakimin ini setidaknya membuka mata kita, bahwa sekecil apapun pekerjaan yang kita lakukan, bila di kerjakan dengan sungguh- sungguh hasilnya akan sesuai dengan harapan kita.