Kebanjiran pesanan, home industri rak bunga susun usaha yang menjanjikan

  • Mar 05, 2021
  • mangunlegi

Mangunlegi: Jum'at, 5 Maret 2021.

mangunlegi-batangan.desa.id. Pada hari Jum'at tanggal 5 Maret 2021, Di Desa Mangunlegi terdapat home industri pembuatan rak susun untuk pot bunga. Setidaknya terdapat dua orang pengrajin rak susun bunga di Desa Mangunlegi yang karyanya diminati oleh banyak masyarakat. Pengrajin yang pertama, Bapak Suroso, tempat usahanya terletak di Dukuh Mangunan RT 01 RW 02. Pengrajin Kedua, Bapak Rudi, tempat usahanya terletak di Dukuh Mangunan RT 02 RW 02. Pada awalnya kedua pengrajin ini merupakan bengkel las besi. Namun keduanya beralih dan membuat produk trobosan baru yang diminati masyarakat.

[caption id="attachment_3432" align="aligncenter" width="200"] Pot Bunga Susun yang di minati oleh masyarakat[/caption]

Home industri sendiri merupakan industri rumahan atau industri rumah tangga adalah suatu unit usaha yang tidak berbentuk badan hukum dan dilaksanakan oleh seseorang atau beberapa orang anggota rumah tangga yang mempunyai tenaga kerja sebanyak empat orang atau kurang, dengan kegiatan mengubah bahan dasar menjadi barang jadi atau setengah jadi atau dari yang kurang nilainya menjadi yang lebih tinggi nilainya dengan tujuan untuk dijual atau ditukar dengan barang lain dan ada satu orang anggota keluarga yang menanggung resiko.

[caption id="attachment_3327" align="aligncenter" width="300"] Salah satu Rak susun bunga yang akan digunakan untuk tanaman sirih. dibuat keatas untuk rambatan sirih.[/caption]

Dalam Pembuatan Rak Bunga Susun, Bapak Suroso dibantu oleh anaknya. Bahan utama pembuatan Rak Bunga Susun ini adalah besi yang kemudian dirangkai menjadi rak susun sesuai pesanan oleh konsumen. Harga Rak bunga susun ini berkisar Rp. 200.000,- hingga Rp. 500.000,- tergantung ukuran besar kecil rak tersebut.