Dinas kelautan dan perikanan propinsi jawa tengah melakukan verifikasi pada kelompok sarana usaha karya mandiri

  • Mar 24, 2021
  • mangunlegi

mangunlegi-batangan.desa.id. Pada hari ini Rabu 24 Maret 2021 Dinas kelautan dan perikanan propinsi Jawa tengah, melakukan verifikasi kepada kelompok sarana usaha karya mandiri Desa Mangunlegi. Verifikasi ini dilakukan terkait pengajuan dana hibah pembuatan pakan ikan tahun anggaran 2022. Tim dari propinsi ini di dampingi penyuluh perikanan kecamatan Batangan, Hari sampurna,s.pi.

Ada banyak hal yang harus di lengkapi terkait pengajuan bantuan hibah ini. Mulai dari kelengkapan administrasi, peralatan yang sudah dimiliki, jumlah minimal anggota, dan punya tempat produksi yang dikuasai secara legal.

[caption id="attachment_3512" align="aligncenter" width="300"] Pengarahan dan pemeriksaan administrasi dari Dinas kelautan dan perikanan Jawa tengah[/caption]

Kelompok karya usaha mandiri dibentuk atas keprihatinan dengan mahalnya harga pakan ikan bandeng. Sebab pakan ikan merupakan komponen penting dalam budidaya ikan bandeng. Secara teknis pengeluaran untuk membeli pakan ikan mencapai 60-80% dari total biaya produksi.

Dengan terbentuknya kelompok ini, maka diharapkan dapat mencari bahan baku alternatif untuk membuat pakan ikan. Kalau bisa menggunakan bahan baku lokal, baik untuk sumber protein, lemak maupun karbohidrat serta meningkatkan kemandirian pembudidaya ikan bandeng dalam memenuhi kebutuhan pakan ikannya.

[caption id="attachment_3513" align="aligncenter" width="300"] Proses pembuatan pakan ikan bandeng[/caption]

Dalam arahannya , penyuluh perikanan kecamatan Batangan, Bapak Hari sampurna mengatakan, agar kelompok ini meningkatkan pembuatan dan pemanfaatan pakan ikan secara mandiri dari berbagai jenis bahan lokal, sehingga bisa mengurangi biaya produksi dan terbangunnya jejaring pakan mandiri nasional.

[caption id="attachment_3515" align="aligncenter" width="300"] Pakan buatan kelompok sarana usaha karya mandiri[/caption]

Semua anggota kelompok menyambut baik verifikasi dan arahan dari Dinas kelautan dan perikanan Propinsi Jawa tengan ini. Harapan mereka semoga bantuan ini terealisasi dan mendapat pendampingan dari Dinas terkait, agar dapat meningkatkan hasil budidaya bandeng mereka.