Cegah COVID-19 Dengan Rajin Cuci Tangan

  • Apr 12, 2020
  • mangunlegi
  • LINGKUNGAN, PEMERINTAHAN

Mangunlegi, 12 April 2020, Cuci tangan secara detail dan menyeluruh merupakan salah satu cara untuk pencegahan Covid-19. Para ahli merekomendasikan cuci tangan untuk dilakukan setidaknya 20 detik. Sebab, sabun butuh waktu untuk mengikat molekul air dan minyak secara bersamaan, dan mengangkat kuman-kuman pada tangan Anda untuk dibuang bersama aliran air.

Hal ini karena virus corona menular lewat droplet atau cairan tubuh yang keluar saat batuk atau bersin. Selain tertular karena menghirup droplet ketika berada dekat dengan orang yang terinfeksi, Anda juga bisa tertular virus corona lewat tangan sebagai media penularan.

Sebagai contoh adalah ketika Anda berjabat tangan dengan orang menutupi batuk dengan tangannya, atau ketika Anda menyentuh obyek yang terpapar virus corona. Pemerintah Desa Mangunlegi telah menghimbau warga desa untuk menyediakan tempat cuci tangan di depan rumah guna pencegahan Covid-19.

Tidak hanya di depan rumah warga, pemerintah Desa juga menghimbau agar menyiapkan tempat cuci tangan di Masjid, Mushola, Warung dan Bengkel Motor yang merupakan tempat orang berkegiatan.