Bimbingan kesehatan bagi ibu hamil, di tengah pandemi covid-19 yang belum usai

  • Aug 18, 2021
  • mangunlegi

mangunlegi-batangan.desa.id. Bertempat di Balai Desa Mangunlegi pada hari ini, sebanyak sembilan orang ibu hamil mendapat pengarahan dan pendampingan kesehatan dari Puskesmas Batangan. Pendampingan kesehatan yang kemudian di kenal dengan kelas ibu hamil ini, sangatlah penting di tengah pandemi agar kondisi ibu dan bayi yang di kandungnya tetap dalam keadaan sehat sampai melahirkan nanti. Acara dan semua peserta yang hadir tetap mematuhi protokol kesehatan.

[caption id="attachment_3924" align="aligncenter" width="300"] Peserta yang hadir menjaga jarak dan memakai masker.[/caption]

Persiapan melahirkan di tengah pandemi ini,harus benar-benar di persiapkan secara matang, agar proses persalinan nanti bisa berlangsung dengan lancar. Yang paling menentukan adalah kondisi kebugaran sang ibu sendiri," kata Ibu Eli herlina,Amd.keb mengawali sambutannya. Kemudian beliau menambahkan, untuk itu ibu hamil harus mempunyai kebugaran tubuh yang bagus dengan menjaga pola makan yang teratur, termasuk mengkonsumsi berbagai makanan bergizi yang mencakup empat sehat lima sempurna.

[caption id="attachment_3925" align="aligncenter" width="300"] Pengarahan dari petugas Puskesmas Batangan.[/caption]

Makanan sehat itu bisa bersumber dari karbohidrat yang bisa di dapat dari nasi, roti, dan sereal. Kemudian makanan yang mengandung protein yang berasal dari daging, telur, hewan laut dan kacang-kacangan. Selain itu harus makan makanan yangmengandung serat, vitamin, mineral dan memperbanyak makan sayur dan buah-buahan.

[caption id="attachment_3926" align="aligncenter" width="300"] Para peserta mendengarkan dengan penuh seksama.[/caption]

Salah seorang ibu hamil yang mengikuti bimbingan, Ibu Siti wulandari," mengaku senang dengan adanya arahan dari bidan desa dan Puskesmas ini. Mudah-mudahan dengan arahan ini bisa ia laksanakan, sehingga kondisi kesehatan diri dan bayi yang di kandungnya dalam keadaan sehat sampai proses persalinan nanti.