Pengerasan jalan produksi dukuh mangonan desa mangunlegi

Mangunlegi: Sabtu, 20 Februari 2021

mangunlegi-batangan.desa.id. Jalan merupakan infrastruktur yang  dibutuhkan oleh masyarakat, sebab mempengaruhi perkembangan ekonomi dan kehidupan manusia. Dengan infrastruktur jalan yang baik, maka masyarakat akan lebih mudah menjalankan aktivitas sehari-hari. Hal inilah yang mendasari warga Dukuh Mangonan Desa Mangunlegi, secara swadaya dan bergotong royong melakukan makadam atau pengerasan jalan produksi, sekaligus jalan menuju makam Dukuh Mangonan.

Material pengerasan jalan

Menurut Bapak Suko, seorang warga yang rumahnya berada di sekitar lokasi menceritakan bahwa jalan ini memang rusak berat, apalagi bila musim penghujan. Jalanan menjadi berlumpur, dengan kedalaman hampir setinggi mata kaki. Warga yang mau pergi ke sawah maupun pergi ke tambak  terpaksa memutar, mencari jalan yang lebih baik. Lebih memprihatinkan lagi bila ada warga yang meninggal dunia, maka mau tak mau harus lewat jalan ini, karena jalan ini satu-satunya akses menuju areal pemakaman desa.

Rusaknya jalan ini menggugah hati para pedagang garam yang tergabung dalam paguyuban depo garam Mangunlegi. Mereka secara sukarela memberi bantuan material berupa pedel atau batu urug putih. Material ini dipilih karena lebih kuat dan lebih bagus dari pada jenis sirtu atau yang lainnya. Sedang untuk mengangkut dan meratakan material ke lokasi, warga dengan antusias bergotong royong.

Warga dengan semangat bergotong royong
Jalan yang selesai dimakadam

Dengan selesainya  pengerasan jalan ini membuat senang warga. Artinya bila mereka hendak ziarah kubur, atau mau beraktifitas ke sawah atau ke tambak, tidak perlu memutar lagi. Sebab kondisi jalan sudah nyaman dan enak untuk dilewati.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan