Tanaman Produktif di Pekarangan Memberikan Keuntungan Ganda

Mangunlegi, 1 Juni 2020.

Pekarangan adalah lahan terbuka yang terdapat di sekitar rumah tinggal. Lahan ini jika dipelihara dengan baik akan memberikan lingkungan yang menarik nyaman dan sehat serta menyenangkan sehingga membuat kita betah tinggal di rumah.

Pekarangan rumah kita dapat kita manfaatkan sesuai dengan selera dan keinginan kita. Misalnya dengan menanam tanaman produktif seperti tanaman hias, buah, sayuran, rempah-rempah dan obat-obatan. Dengan menanam tanaman produktif di pekarangan akan memberi keuntungan ganda, salah satunya adalah kepuasan jasmani dan rohani.

Sebagian besar masyarakat Desa Mangunlegi memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah mereka untuk bercocok tanam. Tanaman yang di tanam kali ini adalah terong, kacang panjang dan cabe. Tanaman tersebut dikonsumsi sendiri sehingga dapat menghemat rumah tangga. Selain itu apabila kebutuhan rumah tangga telah terpenuhi, biasanya mereka menjualnya ke Pedagang untuk menghasilkan uang.

Pemanfaatan pekarangan ini tidak terlepas dari PKK Desa Mangunlegi yang memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya pekarangan rumah sebagai penambah perekonomian rumah tangga.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan