HASIL KEGIATAN TABULAKAR OLEH TIM PENGGERAK PKK DESA MANGUNLEGI

Mangunlegi, 7 April 2020 Masyarakat Desa Mangunlegi mulai memanfaatkan pekarangan rumah mereka menjadi lahan tanam. Kegiatan tanam Tabulakar ( Tanaman bumbu dalam pekarangan ) ini merupakan sosialisasi yang telah lama dilakukan oleh Tim Penggerak PKK Desa Mangunlegi pada Masyarakat. Tanaman bumbu yang kebanyakan ditanam masyarakat yaitu: Cabe, Tomat, Kunyit, Jahe dan Kencur. Selain menanam tanaman bumbu, masyarakat juga menanam tanaman sayur seperti: kemangi, ketela rambat, terong ungu dan bayam.

Agar pekarangan mampu memberikan manfaat bergizi, maka dipandang perlu pengelolaan secara benar sesuai anjuran tehnis yang ada. Pengaturan pengelolaan lahan pekarangan yang benar yaitu pekarangan sebagai karang gizi, karang kitri, karang sari , dan bila memungkinkan sebagai taman gizi.

Dari beberapa fungsi tersebut, setiap satu kesatuaan luas lahan pekarangan dapat ditanami tanaman yang bergizi tinggi. terutama sebagai upaya memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari bagi keluarga. Karena bahan pngan yang bergizi tinggi adalah bahan pangan yang baru dipetik dan diolah secara benar.Dan disisi lain dengan kita memanfaatkan lahan pekarangan secara maksimal dapat meningkatkan pendapatan keluarga / penghematan biaya belanja keluarga.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan