Survai lokasi calon pelanggan baru PDAM Tirta Bening Pati

  • Mar 11, 2023
  • MANGUNLEGI-BATANGAN

mangunlegi-batangan.desa.id. Perusahaan daerah air minum ( PDAM ) Tirta Bening Pati, melakukan survai lokasi calon pelanggan baru. Survai ini di lakukan untuk mengetahui besar biaya yang harus di bayar calon pelanggan baru. Yang mempengaruhi besar kecilnya biaya penyambungan adalah, jarak rumah pelanggan dari pipa utama, kemudian galian berupa tanah lempung, tanah berbatu atau cor beton. Untuk tahun ini PDAM Tirta Bening Pati memang membuka penyambungan pipa baru untuk masyarakat. Hal ini karena pihak PDAM melakukan penambahan debit air dan membuat penampungan air baru di desa Ketitangwetan.

Untuk masyarakat desa Mangunlegi hampir mayoritas kebutuhan air di cukupi dari PDAM Tirta Bening. Hal ini karena lokasi Mangunlegi di wilayah pesisir pantai, sehingga tak ada sumber mata air. Kalaupun ada maka bisa di pastikan rasanya asin. Sebenarnya Desa Mangunlegi mempunyai dua embung. Yang satu di gunakan untuk penampungan pengairan sawah, dan satunya untuk kebutuhan masyarakat. Tapi karena embung hanya mengandalkan air hujan saja, maka bila tak turun hujan  bisa di pastikan embjung akan surut dan airnya habis. 

Dengan di bukanya sambungan PDAM baru ini, masyarakat menjadi lega karena kebutuhan air untuk rumah tangga, maupun hewan ternak bisa tercukupi.Apalagi bila musim kemarau, maka warga akan di sibukkan dengan aktifitas pembuatan garam, sehingga nggak ada waktu untuk mencari air. Masyarakat juga berharap agar aliran air dari PDAM ini tetap lancar meski ada penambahan pelanggan baru.