Monitoring pembangunan drainase dari bantuan keuangan kabupaten tahun anggaran 2021

  • Oct 05, 2021
  • mangunlegi

mangunlegi-batangan.desa.id. Dinas pekerjaan umum Kabupaten Pati melakukan monitoring terhadap pembangunan drainase yang bersumber dari bantuan keuangan Kabupaten tahun anggaran 2021. Monitoring ini di lakukan untuk mengetahui sampai sejauh mana pelaksanaan pembangunan drainase yang berlokasi di RT 01 RW 02 Desa Mangunlegi ini. Kedatangan petugas monitoring ini di sambut langsung oleh Kepala Desa Mangunlegi beserta Kasi kesejahteraan rakyat dan ketua RT setempat.

[caption id="attachment_4071" align="aligncenter" width="300"] Kepala Desa Mangunlegi mendampingi petugas Dinas Pekerjaan umum untuk melakukan monitoring pembangunan drainase.[/caption]

Pemerintah Desa Mangunlegi untuk tahun ini mendapat bantuan keuangan dari Kabupaten Pati sebesar seratus juta rupiah. Dimana bantuan Kabupaten ini untuk membangun saluran air atau drainase dengan volume P1 : 135,1 X 0,3 X 0,4 meter. Kemudian P2 : 42,5 X 0,3 X 0,5 meter dan plat beton dengan volume P : 11 X 0,9 X 0,1 meter. Dari hasil monitoring ini pembangunan drainase telah sesuai dengan spesifikasi yang telah di tentukan.

[caption id="attachment_4072" align="aligncenter" width="300"] Prasasti yang selalu terpasang di setiap lokasi pembangunan yang telah selesai.[/caption]

Proses pembangunan drainase telah selesai sebulan yang lalu, dengan lama pengerjaan kurang lebih satu setengah bulan. Semua pekerja yang terlibat mayoritas adalah tenaga kerja lokal. Kebijakan ini di lakukan agar ada lahan pekerjaan bagi masyarakat sekaligus sebagai bentuk partisipasi dalam setiap pembangunan di desa. Sehingga tumbuh rasa tanggung jawab agar proses pengerjaan benar-benar sesuai dengan yang di harapkan oleh warga.

[caption id="attachment_4073" align="aligncenter" width="300"] Drainase yang telah selesai pengerjaannya.[/caption]

Diharapkan dengan selesainya pembangunan drainase ini,maka lokasi sekitar bisa bebas dari genangan air ketika hujan. Warga di sekitar lokasi drainase sangat bersyukur, pembangunan selesai sebelum musim hujan datang. Sehingga ketika hujan nanti airnya bisa langsung mengalir ke pembuangan akhir dengan lancar.