Pembangunan talud jalan timur desa di dukuh mangonan desa mangunlegi

Mangunlegi: Sabtu, 5 Juni 2021.

mangunlegi-batangan.desa.id. Jalan merupakan salah satu infrastuktur yang vital untuk meningkatkan dan mengangkat perekonomian masyarakat pedesaan. Berbagai cara digunakan agar jalan lebih kuat dan lebih nyaman untuk di lewati. Salah satunya adalah dengan membuat talud penahan badan jalan. Bangunan yang berada di sisi bahu jalan ini fungsinya untuk menahan pergerakan tanah ketika ada beban muatan melintas di atasnya, sehingga struktur jalan jadi lebih kuat.

Lokasi yang akan di bangun talud jalan di RW 02 Desa Mangunlegi.

Pemerintah Desa Mangunlegi sendiri menyadari betapa pentingnya pembanguan talud jalan ini. Mengingat jalan timur desa adalah akses yang vital, karena sebagai jalan utama truck- truck bermuatan garam hilir mudik. Pembangunan talud jalan timur desa yang berada di Dukuh Mangonan RW02 Desa Mangunlegi ini merupakan usulan prioritas dalam musyawarah rencana mbangun desa.

Talud jalan dengan volume 144 x 0,3 x 1,3 meter ini pendanaannya berasal dari Dana desa ( DD ) tahun anggaran 2021, dengan nominal sebesar Rp. 66.438.000. Pengerjaannya sendiri bersifat swakelola dan di laksanakan oleh tim pelaksana kegiatan ( TPK ) Desa Mangunlegi.

Pekerja melakukan penggalian tanah untuk pembuatan talud jalan.

Untuk mengangkat perekonomian warga dan membuka lapangan kerja baru, maka hampir semua pekerja adalah warga Desa Mangunlegi sendiri. Hal ini di lakukan agar keterpurukan ekonomi akibat pandemi covid 19 bisa sedikit teratasi. Di samping itu agar timbul rasa tanggung jawab masyarakat dengan ikut berpartisipasi dalam proses pembangunan di desa.

Material semen sudah di siapkan untuk pembangunan talud jalan.

Kepala Desa Mangunlegi sendiri berharap dengan pembangunan talud jalan ini, maka perekonomian masyarakat Mangunlegi lebih meningkat dan semua warga selalu ikut mendukung program – program pembangunan di desa.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan