Petani desa mangunlegi mulai panen kacang hijau di musim tanam ke dua

Mangunlegi: Minggu, 23 Mei 2021.

mangunlegi-batangan.desa.id. Ketika sebagaian petani padi di Mangunlegi gagal panen akibat kekeringan di musim tanam ke dua tahun ini, lain halnya dengan petani yang lebih memilih menanam kacang hijau setelah panen raya padi kemarin. Di minggu ke tiga bulan Mei ini mereka mulai memanen hasil jerih payahnya.

Seorang petani sedang memanen kacang hijau di sawah.

Para petani yang lebih memilih menanam kacang hijau setalah masa tanam padi ini menyadari betul, bahwa sawah di Mangunlegi adalah sawah tadah hujan, dan biasanya memasuki musim kemarau lebih dulu dari pada daerah lainnya. Oleh karena itu mereka menanam tanaman yang tak terlalu membutuhkan banyak air dan berumur pendek.

Pemisahan kulit dengan biji kacang hijau masih menggunakan cara tradisional.

Salah seorang petani yang kami temui Ibu Marni,” mengaku bersyukur bisa panen kacang hijau, alhamdulillah bisa panen daripada petani yang menanam padi yang gagal panen,” katanya lagi. Saat ini kacang hijau yang sudah kering di pengepul harganya berkisar Rp. 17.500 – Rp. 18.000 per kilogramnya. Rata-rata petani Mangunlegi masih menggunakan cara tradisional untuk memisahkan antara kulit dan bijinya.

Hamparan tanaman kacang hijau yang mulai siap panen.

Kacang hijau adalah palawija yang merupakan rumpun kacang-kacangan. Tumbuhan yang banyak mengandung nutrisi dan serat ini banyak sekali manfaatnya, baik itu untuk binatang maupun manusia. Untuk penggemar burung perkutut kacang hijau ini baik sekali untuk menambah stamina dan daya tahan tubuh.

Untuk manusia sendiri kacang hijau berguna mencegah penyakit jantung, kanker,melancarkan pencernaan, untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan imunitas tubuh dan lainnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan