Kelompok taruna pesisir subur makmur laksanakan penyulaman pohon bakau yang mati di sepanjang pantai desa Mangunlegi

Mangunlegi. Minggu, 27 Maret 2021.

mangunlegi-batangan.desa.id. Pada hari Minggu tanggal 27 Maret 2021 sehubungan dengan adanya Program Pemerintah yaitu Pemulihan Ekonomi Nasional ( PEN ) tahun 2020 lalu, masyarakat melakukan padat karya penanaman pohon bakau di sepanjang pantai Desa Mangunlegi.  Penanaman ini merupakan tindak lanjut dari penanaman pohon bakau pada tahun 2020 yang dilaksanakan sekitar bulan Oktober hingga Desember. Tujuan utama dari penanaman ini tentunya memberikan sulaman untuk pohon bakau yang telah mati.

Penyulaman tanaman bakau yang mati

Program ini diberikan kepada Kelompok Taruna Pesisir Subur Makmur  yang terdapat di Desa Mangunlegi. Proses penanaman pohon bakau ini tidak berlangsung secara mulus. Terdapat kendala-kendala yang menghambat prosesnya terutama dari faktor alam. Air laut yang sering pasang mengakibatkan bibit yang telah ditanam menjadi mati karena terhantam ombak air laut yang besar. Sehingga dibutuhkan penanaman kembali untuk bibit bakau yang telah mati karena faktor alam ini.

Bibit bakau untuk penyulaman

Program Pemulihan Ekonomi Nasional ( PEN ) ini sangat bermanfaat bagi warga Desa Mangunlegi tentunya untuk memperbaiki ekonomi warga desa ditengah Pandemi Covid-19. Pada masa Pandemi Covid-19, perekonomian warga cenderung menurun karena banyak lapangan pekerjaan yang ditutup. Adanya Program PEN sangat efektif bagi warga Desa Mangunlegi.

Disamping peningkatan ekonomi warga, tujuan lainnya dari adanya program ini adalah penghijauan di sepanjang pantai Desa Mangunlegi. Penghijauan ini nantinya diharapkan akan mampu menahan adanya abrasi air laut yang terjadi sepanjang tahun.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan