Pembangunan pintu air memberikan dampak positif bagi petani di desa mangunlegi

Mangunlegi : Sabtu, 6 Februari 2021.

mangunlegi-batangan.desa.id. Pembangunan pintu air oleh Pemerintah Desa Mangunlegi telah memberikan dampak positif bagi Petani Desa Mangunlegi pada musim penghujan. Pembangunan pintu air ini mulanya dilakukan pada 14 November 2020 tepatnya pada akhir musim kemarau. Pintu air ini terletak di Dukuh Mangunan RT 01 RW 02 dekat dengan Rumah Bidan Desa, Ibu Dian Maya.

Pembangunan pintu air memperlancar pengairan sawah Petani

Pembangunan Pintu air ini merupakan hasil dari Musyawarah Desa antara Pemerintah desa, lembaga desa dan tokoh masyarakat. Pada mulanya, Petani di Desa Mangunlegi baik yang memiliki tanah di Dukuh Mangunan dan Dukuh Asemlegi mengeluhkan pengairan sawah mereka. Air hujan yang turun tidak bisa disimpan dengan baik karena air tersebut langsung menuju saluran air laut. Sehingga Petani sulit mendapatkan air yang dipergunakan untuk mengairi tanamannya.

Pintu air dipergunakan warga untuk mengkontrol air hujan yang terdapat di saluran air.

Dari sinilah pintu air dibutuhkan untuk mengatur debit air yang keluar dari bendungan dan yang menuju ke lahan pertanian. Karena melalui proses gravitasi, tanah yang tinggi akan mendapat air lebih dahulu. Pada mulanya persawahan yang terdapat di Dukuh Asemlegi kesulitan mendapatkan air untuk sawah mereka. Namun setelah pembangunan pintu air ini, Pada musim penghujan suplai air untuk sawah menjadi lancar. Petani di Desa Mangunlegi sangat bersyukur dengan adanya pembangunan ini.

saluran air warga menjadi lancar.

Pembangunan pintu air yang terdapat disaluran air Desa masih sederhana. Pintu air ini masih manual, sehingga masih membutuhkan tenaga manusia untuk membuka dan menutup serta mengatur debit air yang keluar untuk mengairi area persawahan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan