Menanam bawang merah di tengah musim tanam padi

Desa Mangunlegi: Jum'at, 29 Januari 2021

mangunlegi-batangan.desa.id. Hari ini Jumat 29 Januari 2021 ada pemandangan lain di areal persawahan Desa Mangunlegi. Ditengah hijaunya hamparan tanaman padi, ternyata tumbuh dengan subur tanaman bawang merah. Ini memang sesuatu yang tak lazim di Mangunlegi,apalagi sekarang musim penghujan, dimana semua petani menanam padi sebagai tanaman utama.

Petani sedang merawat tanaman bawang merah

Petani bawang merah itu adalah Bapak Senen. Lelaki kelahiran Mangunlegi yang kini menetap di wilayah Desa Sidoarum Kecamatan Jaken. Dengan bekal ilmu yang diperoleh selama bertani di desanya ia mencoba menanam sesuatu yang baru di Mangunlegi. Memang selama ini bawang merah sering ditanam di wilayah Batangan bagian selatan, sedang untuk petani daerah pantura jarang menanam tanaman jenis ini.

Ketika kami temui di sawahnya, ia mengatakan ada beberapa hal yang perlu di perhatikan ketika menanam bawang merah, apalagi saat musim penghujan begini. Lahan bedengan atau gulutan harus agak tinggi, minimal 30 cm agar ketika hujan tanaman bawang merah tidak terendam air. Pemilihan bibit yang bagus, yaitu bawang merah yang dipanen antara 80 sampai 120 hari sesudah ditanam. Tak ketinggalan adalah pupuk dan obat-obatan, katanya lebih lanjut.

 

Pupuk dan obat tanaman bawang merah

Keberanian Bapak Senen ini patut kita apresiasi. Setidaknya untuk mencoba sesuatu yang baru,sebab selama ini siklus becocok tanam petani Mangunlegi adalah padi kemudian palawija. Petani yang hebat adalah petani yang mampu bangkit dari kegagalan dan mau belajar dari pengalaman.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan