Petani desa mangunlegi mulai mempersiapkan lahan untuk masa tanam padi

Mangunlegi: Minggu, 11 Oktober 2020.

mangunlegi-batangan.co.id. Petani Desa Mangunlegi mulai mempersiapkan lahan untuk masa tanam padi. Cuaca yang mulai mendung dan sudah beberapa kali hujan gerimis membuat beberapa petani di Desa Mangunlegi mulai mempersiapkan lahan.

Persiapan lahan tanam ini dimulai dengan Pembersihan lahan dengan cara melakukan pemisahan jerami, sisa – sisa panen yang tidak terangkat, rumput dan tanaman gulma lainnya. Agar supaya jerami dan sisa – sisa tanaman lainya tidak dibakar. Maka untuk memudahkan proses pengolahan lahan, sebaiknya jerami dipisahkan dan dikumpulkan disekitar pematang (pinggiran petakan).

Petani menggunakan mesin traktor dari Kelompok Tani yang terdapat di Desa Mangunlegi

Kegiatan pengolahan tanah yang baik untuk tanaman padi adalah pengolahan secara sempurna dimulai dari pembajakan, dilanjutkan dengan penggaruan dan diakhiri dengan perataan tanah. Namun hal tersebut tergantung pada kondisi tanah sawah yang ada. Di beberapa lokasi yang kondisi struktur tanahnya ringan, pengolahan tanah secara sempurna jarang dilakukan dan pada umumnya cukup dibajak satu kali langsung di ratakan.

Pembajakan bisa dengan cara tradisional maupun modern. Cara tradisional menggunakan bajak/singkal dengan bantuan tenaga sapi atau kerbau sedangkan cara modern menggunakan bajak traktor tangan. Proses pembajakan ini dilakukan dengan cara membalikkan lapisan olah tanah agar sisa – sisa tanaman seperti rumput, dan jerami dapat terbenam. Setelah tanah dibajak, maka dibiarkan beberapa hari, agar terjadi proses fermentasi untuk membusukkan sisa tanaman dan jerami di dalam tanah.

Pembajakan sawah menggunakan mesin traktor

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan