Pemerintah desa mangunlegi bersama warga desa laksanakan gerakan memakai masker serentak

Mangunlegi: Rabu, 16 September 2020.

Berdasar surat edaran Bupati Pati nomor: 440/2162 tentang Pelaksanaan Gerakan Memakai Masker Serentak, Pemerintah Desa Mangunlegi mengadakan gerakan tersebut bersama dengan warga desa. Gerakan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 16 September 2020 pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 10.00 WIB. Tujuan dari Gerakan ini tentunya untuk menghambat sebaran Covid-19 yang sudah menjadi pandemi di Indonesia.

Sebelum melakukan sosialisasi pada warga desa, Kepala Desa Mangunlegi mengadakan sosialisasi tentang gerakan memakai masker serentak kepada Perangkat desa, BPD, RT, RW, PKK, Karang Taruna, dan Tokoh Masyarakat. Hadir dalam sosialisasi tersebut perwakilan dari BPD, RT, RW, PKK, Karang Taruna, dan Tokoh Masyarakat sebanyak 2 orang perlembaga. Sosialisasi ini bertempat di Balai Desa Mangunlegi. Dalam sosialisasi hadir pula Camat Batangan beserta jajaran, Bidan desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Tujuan dari sosialisasi ini diharapkan segenap Perangkat desa, BPD, RT, RW, PKK, Karang Taruna, dan Tokoh Masyarakat dapat meneruskan kepada warga desa. Agar nantinya warga Desa dapat mematuhi segala himbauan dari gerakan ini, yaitu memakai masker ketika keluar rumah. Dalam sosialisasi tersebut, Pemerintah Desa Mangunlegi tetap mengutamakan protokol kesehatan dengan cara mewajibkan makai masker, mengatur jarak antar hadirin dan menyiapkan tempat cuci tangan.

Kepala Desa Mangunlegi, Bapak Sugiyarto mengatakan bahwa semoga tujuan dari Gerakan ini dapat terwujud dan masyarakat desa dapat lebih berhati-hati ketika berada diluar rumah dengan selalu menggunakn masker agar terhindar dari covid-19.

Kepala Desa Mangunlegi, Bapak Sugiyarto memimpin Sosialisasi Gerakan Memakai Masker Secara Serentak

Sosialisasi pada masyarakat dilakukan setelah sosialisasi pada BPD, RT, RW, PKK, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat dan Perangkat Desa berakhir. Dalam gerakan ini BPD, RT, RW, PKK, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat dan Perangkat Desa mengelilingi Desa Mangunlegi dan mengajak warga desa untuk mengikuti Gerakan Memakai Masker Serentak.

 

Pemerintah Desa berkeliling Desa Mangunlegi mengajak warga menggunakan masker secara serentak

Pada saat mengelilingi Desa, Pemerintah Desa menggunakan sirine dan pengeras suara. Tujuan dari penggunaan alat tersebut adalah diharapkan warga desa lebih responsif dalam menyikapi Gerakan Memakai masker serentak ini. Warga Desa yang melihat Gerakan ini turut serta memakai masker saat diluar rumah serta tujuan dari gerakan ini dapat terwujud.

Bidan Desa turut serta pada gerakan tersebut

 

Pemerintah Desa bersama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas mendatangi warga yang belum menggunakan masker ketika sedang diluar rumah dan mengajak memakai masker

Dalam mengelilingi Desa, Pemerintah Desa menggunakan Banner. Isi dari Banner tersebut yaitu Sukseskan Gerakan Memakai Masker Untuk Pencegahan dan Penanganan Covid-19. Maskermu Melindungiku, Maskerku Melindungimu, Masker Kita melindungi kita semua. Selain itu terdapat Banner yang bertuliskan Kawasan wajib memakai masker, bagi pelanggar akan di denda sanksi sosial atau denda Perbup nomor 66 tahun 2020. Bagi seluruh masyarakat Desa Mangunlegi wajib melaksanakan ketentuan jam malam. Tidak boleh beraktivitas diluar rumah pada pukul 22.00 WIb hingga pukul 04.00 WIB.

Pemasangan banner tentang larangan bagi warga di tempat strategis. babinsa dan bhabinkamtibmas tutut membantu.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan