Bersepeda menjadi olahraga yang diminati warga dimasa pandemi covid-19

Mangunlegi: Senin, 14 September 2020.

Pola hidup sehat dan bersih harus diterapkan pada masa pandemi Covid-19. Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai covid-19. Pola hidup sehat dan bersih dapat kita lakukan diantaranya adalah:

  1. Olahraga rutin
  2. Perbanyak konsumsi makanan bergizi
  3. Perbanyak minum air mineral minimal 8 gelas sehari
  4. Istirahat cukup
  5. Konsumsi multivitamin
  6. Memakai masker saat keluar rumah
  7. Menerapkan Physical distancing
  8. Rajin cuci tangan atau memakai handsanitizer
  9. Rutin membersihkan permukaan benda dengan disinfektan

Pada masa pandemi covid-19, olahraga rutin sangat diperlukan oleh tubuh. Olahraga rutin dapat menjaga kebugaran tubuh di masa pandemi. Kebugaran tubuh yang tetap terjaga merupakan salah satu cara untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Imunitas tubuh yang maksimal akan menghindarkan kita dari resiko terkena covid-19. Mengingat hingga saat ini vaksin untuk covid-19 masih belum ditemukan, sehingga olahraga rutin dapat menjadi solusi.

Menjaga kebugaran dengan latihan fisik, yaitu suatu aktivitas yang terencana, terstruktur, dan konsisten dengan melakukan gerakan berulang dan mempertahankan kebugaran fisik. Manfaat latihan fisik adalah mampu membuat kadar hormon stres menurun, endorfin atau hormon senang meningkat, aliran darah dan getah bening meningkatkan di semua tempat termasuk di jantung, otak, ginjal, dan lainnya.

Bersepeda sekarang ini menjadi salah satu olahraga yang diminati warga Desa Mangunlegi. Selain mudah dan menyenangkan, bersepeda juga berdampak bagus untuk lingkungan. Mengingat bahwa sepeda tidak menimbulkan polusi seperti kendaraan pada umumnya. Bersepeda pun dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental, serta mampu mengurangi kemungkinan mengalami banyak masalah kesehatan. Dengan bersepeda, Anda bernafas lebih dalam, berkeringat dan mengalami peningkatan suhu tubuh, yang pada akhirnya akan meningkatkan tingkat kebugaran secara keseluruhan.

Pada Hari Senin, tanggal 14 Sepetmber 2020, Warga Desa Mangunlegi mengadakan bersepeda bersama. Rute yang diambil start dari RT 04 RW 02 lalu ke Jalan Baru Dukuh Mangunan hingga Dukuh Asemlegi kembali ke Jalan Poros Desa Dukuh Mangunan. Acara start pukul 15.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Masyarakat Desa Mangunlegi banyak yang mengikuti acara tersebut. Walaupun banyak masyarakat yang mengikuti, namun panitia mewajibkan membawa masker, menyediakan tempat cuci tangan, menjaga jarak aman dan menghimbau peserta tetap mentaati protokol kesehatan.

Panitia Bersepeda, Bapak Sukaryoso mengatakan sepeda santai ini selain menyehatkan dan meningkatkan imunitas tubuh, juga mengkampanyekan selalu memakai masker, sebab semua peserta yang ikut di wajibkan memakai masker. Banyak doorprice yang di sediakan oleh panitia, mulai dari kipas angin, kompor gas, peralatan rumah tangga dan masih banyak lagi.

Walaupun bersepeda, warga Desa mangunlegi tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan tetap memakai masker.
Warga Desa Mangunlegi bersepeda bersama
Anak-anak mengikuti besepeda bersama

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan