Sedekah bumi dukuh mangunan, berlangsung secara sederhana di tengah pandemi covid-19

Mangunlegi: Minggu, 13 September 2020.

Acara sedekah bumi Dukuh Mangunan berlangsung secara sederhana dan khidmat. Dukuh Mangunan sendiri merupakan salah satu pedukuhan yang terdapat di Desa Mangunlegi. Desa Mangunlegi mempunyai 2 dukuh yaitu Asemlegi dan Mangunan. Pada setiap tahunnya Acara sedekah bumi pada Dukuh Asemlegi dilaksanakan lebih dahulu daripada Dukuh Mangunan. tepatnya dilaksanakan pada hari Jumat, 12 September 2020. Hal ini dilakukan karena tradisi dan sudah menjadi ketetapan.

Sedekah bumi sendiri adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi. Tradisi sedekah bumi berlangsung turun -temurun dan diadakan setahun sekali, biasanya pada bulan suro (dalam penanggalan jawa) sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT yang selama setahun telah memberi panjang umur, tetap iman, kesehatan, keselamatan dan rejeki yang melimpah.

Tiap daerah punya cara dan tradisi yang berbeda untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Untuk Jawa Tengah sendirì khususnya yang ada di daerah pedesaan ungkapan rasa syukur itu di tunjukkan dengan tradisi sedekah bumi. Pada dasarnya sedekah bumi merupakan implementasi dari perintah Allah SWT dalam surat Ibrahim ayat 7 “lain syakartum la aziidanakum wala in kafartum inna ‘adzabii lasyadiidun” yang artinya seandainya kalian mensyukuri nikmatKu, niscaya Allah akan menambahnya, dan sebaliknya bila kalian mengingkarinya maka siksaan Allah pedih sekali. Dan yang kedua sedekah bumi merupakan tradìsi yang baik warisan dari leluhur yang banyak mengandung makna dan falsafah yang bijak.

Sedekah Bumi Dukuh Mangunan dilaksanakan di Punden Desa

Acara sedekah Bumi Dukuh Mangunan dilaksanakan sesuai ketetapan musyawarah Desa yaitu pada hari Minggu, 13 September 2020 pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB di Punden setempat. Hadir dalam acara tersebut yaitu Kepala Desa Mangunlegi, Perangkat Desa, Lembaga Desa, Anggota BPD, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Mangunlegi. Acara sedekah bumi, dibuka dengan Sambutan dari Kepala Desa Mangunlegi, Bapak Sugiyarto.

Bapak Sugiyarto mengatakan bahwa sedekah bumi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena kita masih dalam pandemi covid-19, sehingga tidak ada acaran hiburan baik itu kethoprak, orkes ndangdut atau yang lainnya. Walaupun dilakukan secara sederhana namun hal ini tentu tidak mengurangi kesakralan dari acara sedekah bumi Dukuh Mangunan. Walaupun dilakukan secara minimalis dan sederhana, Acara kali ini tetap mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran covid-19.

Bapak Sugiyarto menambahkan masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan menggunakan masker, rajin mencuci tangan , dan tetap menjaga jarak aman agar terhindar dari covid-19.

Sambutan dari Kepala Desa Mangunlegi, Bapak Sugiyarto sebagai pembuka acara sedekah Bumi Dukuh Mangunan

Setelah sambutan dari Bapak Kepala Desa Mangunlegi, Acara do’a di pimpin Kasi Pelayanan Desa Mangunlegi Bapak Sukaryono. Semua hadirin berdoa dengan khidmat. kemudian dilanjutkan dengan potong tumpeng dan makan bersama di Punden Dukuh Mangunan.

warga Desa Mangunlegi tetap mematuhi protokol Kesehatan selama acara Sedekah Bumi

 

Tumpeng nasi putih melambangkan ke sakralan sedekah Bumi Dukuh Mangunan

 

Doa dipimpin oleh kasi Pelayanan, Bapak Sukaryono. Babinsa dan Bhabinkamtibmas mengawal acara sedekah bumi Dukuh Mangunan

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan