Dinas kelautan dan perikanan kabupaten pati mengadakan pertemuan FGD untuk petani garam

FGD ( Forum Grup Discusion) Petani Garam adalah Forum petani garam yang ada di Kabupaten Pati. FGD Petani Garam beranggotakan semua Petani Garam yang ada di kabupaten Pati. Pada hari Sabtu Tanggal 5 September 2020 Dinas Kelautan dan Perikanan mengadakan pertemuan FGD ( Forum Grup Discusion) dan Soskab tingkat Kabupaten yang dihadiri oleh perwakilan desa. perwakilan tersebut mempunyai lahan garam 1 orang petani garam. Termasuk desa Mangunlegi yang  salah satu desa sentra garam yang ada di Kecamatan Batangan  kabupaten Pati.

Di FGD tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten pati, Bapak Ir. Edy Martanto,MM,  Direktur Jasa Kelautan Bpk Dr.Miftahul Huda,M.SI dan Direktur Konservasi dan Keaneragaman Hayati Laut  Bpk  Ir. Andi Rusnadi, MSI.

Dipertemuan tersebut petani garam  Desa Mangunlegi menyampaikan keluhannya mengenai harga garam  rakyat yang saat ini sangat rendah sekali mulai tahun 2019 dan 2020 harga garam  di saat panen di Desa Mangunlegi:

  • K1 : 300/Kg
  • K2 : 250 / kg
  • Umum : 225/Kg

Dengan harga yang begitu rendah membuat  petani garam amat sangat mengeluh karena hasil produksi tidak cukup untuk Operasional dan tidak cukup untuk  memenuhi kebutuhan sehari – hari .dengan kondisi yang tidak setabil ini petani garam memohon kepada Pemerintah untuk dapat menigkatkan harga garam dengan harga yang sesuai   supaya kehidupan  petani garam dapat menigkat.

Karena Kabupaten Pati adalah sentra garam no 2 Nasional Bpk Ir. Edy Martanto,MM memberikan arahan pati harus bisa meningkatkan produksi garam serta kwalitas garam dari garam Konsumsi ke garam Industri sehingga garam Pati berkwalitas bagus secara otomatis harga garam akan meningkat.

Bpk Dr.Miftahul Huda,M.SI, selaku  Direktur Jasa Kelautan  memberikan arahan bahwa selain lahan integrasi yang digunakan untuk meningkatkan Kwalitas garam perlu juga ada pengolahan garam Konsumsi   menjadi garam Industri yang harga jualnya lebih tinggi . dan beliau juga berharap Harga Eceran Tertinggi (HET)akhir bulan Desember ini sudah dapat disyahkan menjadi PerPres  yang direncanakan  harga Kwalitas:

  • Kwalitas no 1 :Rp 800/ Kg
  • Kwalitas no 2 : Rp 650/Kg
  • Kwalitas no 3 : Rp 350 / Kg

Pertemuan FGD ( Forum Grup Discusion) dan SosKab dilaksanakan  dengan  Protokol Kesehatan pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak untuk mengantisipasi penyeberan Covid 19.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan