Masyarakat Gotong Royong Membangun Gedung PAUD Adi Tunas Bangsa

Kegiatan gotong- royong sejak dulu merupakan kegiatan  yang melekat dimasyarakat pedesaan. Dengan adanya gotong – royong  maka akan tumbuh nilai – nilai sebagai berikut: Nilai tolong – menolong : dengan gotong – royong kita dapat meringankan beban pekerjaan yang harus ditanggung  orang lain. Nilai kebersamaan : dengan gotong – royong kita dapat menumbuhkan sikap sukarela, kebersamaan dan kekeluargaan antar sesama anggota masyarakat. Nilai Persatuan dan Kesatuan : dengan gotong – royong kita dapat meningkatkan rasa Persatuan dan Kesatuan. Nilai Sosialisasi : dengan gotong – royong kita dapat menjalin dan membina hubungan sosial yang baik dan harmonis antar warga masyarakat. Nilai berkorban : dengan gotong – royong kita dapat menerapkan sikap rela berkorban terhadap warga masyarakat.

Berpedoman dengan nilai – nilai itulah kehidupan  masyarakat Desa Mangunlegi Kecamatan Batangan selalu mengedepankan segala kegiatan dimasyarakat dikerjakan secara  gotong -royong. Contohnya apabila ada warga masyarakat yang sedang membangun rumah, ada warga yang meninggal dunia,  ada warga punya hajatan  tanpa diminta bantuannya masyarakat sudah sadar datang untuk membantu baik itu  berupa  tenaga, maupun barang sehingga dapat meringankan beban pekerjaan yang harus ditanggung  orang lain.

Gotong- royong tidak dilakukan oleh masyarakat  saja, tetapi juga pemerintah Desa. Dalam setiap kegiatan selalu melibatkan warga masyarakat di dalam pembangunan yang ada di Desa yang dimulai dari Perencanaan kegiatan ,Pelaksanaan pembangunan, Pengawasan pelaksanaan serta pemeliharaan hasil bangunan.

kondisi gedung paud sebelum dibangun

Kegiatan Pembangunan  Desa Mangunlegi Tahun Anggaran 2020 salah satunya adalah pembangunan gedung Paud dengan lokasi di RT 01 RW 01. Dengan anggaran dari Dana Desa  Tahap III sebesar  Rp.213.973.000. Dengan Volume:14 X 6 M. Jumlah Pemanfaat  langsung sebanyak 45 orang.

Gedung Paud   adalah salah satu sarana Prasarana   pelaksanaan belajar dan bermain  diusia dini sehingga perlu adanya pembangunan gudung. Pembangunan dilakukan Agar kegiatan belajar dan bemain  diusia dini dapat nyaman, aman. Pendidikan di usia dini dapat membantu proses perkembangan anak lebih optimal.

Pembangunan gedung Paud Adi Tunas Bangsa  yang berlokasi di Desa Mangunlegi RT 01 RW 01  Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Dilaksanakan mulai hari Selasa tanggal 18 Agustus 2020.  Dimulai dengan pemugaran gedung Paud yang lama yang sudah tidak layak huni oleh warga masyarakat  secara gotong – royong  dan secara protokol kesehatan tetap pakai Masker.

Jaga jarak dan sering cuci tangan untuk mengantisipasi  penyebaran Covid-19. Dengan partisipasi masyarakat, pembangunan gedung Paud Adi Tunas Bangsa semoga cepat selesai dan bisa digunakan untuk tempat belajar dan bermain anak – anak di usia dini yang ada di Desa Mangunlegi.

 

 

 

masyarakat gotong royong ikut dalam pembangunan Paud Adi Tunas Bangsa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan