Kelompok Bandeng Sejahtera Mendapatkan Pembinaan dan Penyuluhan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati

Mangunlegi, 2 Agustus 2020.

Kelompok Bandeng Sejahtera mendapat Pembinaan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati tentang cara pengendalian Hama dan penyakit ikan serta penyuluhan cara Budidaya Ikan yang Baik ( BIB ). Tujuan dari pembinaan ini agar Anggota Kelompok  Bandeng Sejahtera dapat memproduksi hasil perikanan dengan mempertimbngkan kaidah-kaidah. Selain peningkatan produksi yang ramah lingkungan, juga aspek mutu, gizi, kesehatan dan keamanan pangan.

Acara ini mulanya akan diadakan di Balai Desa Mangunlegi, namun dengan keterbatasan tempat dan mengingat bahwa tamu yang hadir harus memenuhi protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak aman maka Pembinaan ini dialihkan tempatnya di Desa Pecangaan. Acara tersebut dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 12.00 WIB. Acara berlangsung dengan tertib dan aman dan tak lupa tamu undangan diwajibkan menggunakan masker sebagai pencegahan covid-19.

 

Budidaya ikan bandeng merupakan salah satu kegiatan yang digeluti oleh Kelompok Budidaya Bandeng Sejahtera. Kelompok ini merupakan salah satu dari sekian kelompok petani yang terdapat di Desa Mangunlegi Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Kelompok Bandeng Sejahtera yang beranggotakan 37 orang mempunyai luasan tambak kurang lebih 67 Hektar. Dalam setahun Kelompok ini dapat memanen ikan bandeng kurang lebih 33.500 kilogram dengan kisaran harga Rp. 17.000,- hingga Rp. 19.000,-perkilogram disaat panen bulan Januari-April. Sedangkan panen pada bulan Juni-Agustus harga ikan bandeng berkisar Rp. 20.000,- hingga Rp. 23.000,- perkilogram.

 

Mengingat pada bulan Juni mulai musim kemarau, Kegiatan budidaya bandeng dilakukan secara tumpang sari. Sebagian lahan tambak digunakan untuk Pembuatan garam dan sebagian digunakan untuk budidaya ikan bandeng. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan dari anggota kelompok Bandeng Sejahtera.

Hal-hal yang biasanya dipersiapkan untuk budidaya ikan Bandeng:

  1. Persiapan lahan
  2. Persiapan benih yang sehat
  3. Kwalitas air yang sesuai dengan ikan yang dibudidayakan
  4. Pakan yang bersertifikat
  5. Penanggulangan hama
  6. Panen menggunakan perlengkapan dan peralatan yang mudah dibersihkan dan dijaga higienisnya
  7. Panen dipersiapkan dengan baik untuk menghindari penurunan mutu
  8. Penanganan ikan dilakukan secara higienis dan efisien sehingga tidak menimbulkan kerusakan ikan

Dengan mendapatkan penyuluhan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati semua Anggota Kelompok Bandeng Sejahtera bertekat guyub rukun untuk meningkatkan hasil produksi Budidaya ikan bandeng yang sudah bertahun-tahun diproduksi, untuk dapat ditingkatkan sesuai dengan ( BIB ) sehingga kesejahteraan anggota dapat dicapai.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan