WARGA DESA MANGUNLEGI ANTUSIAS MELAKSANAKAN IBADAH QURBAN

Mangunlegi, 31 Juli 2020. Ibadah qurban adalah salah satu ibadah yang disyariatkan dalam islam. Ajaran ini merupakan ibadah yang pernah dijalankan Nabi Ibrahim AS. Allah SWT menurunkan perintah qurban kepada Nabi Ibrahim AS untuk menguji seberapa ikhlas ia melepas putra yang dinantikan sejak lama. Tepat saat sang putra Nabi Ismail AS berusia 13 tahun, ia menerima perintah dari Allah untuk menyembelih putranya. Kisah ini tertuang dalam surat As-Saffat ayat 102-107. Kata Qurban sendiri berasal dari bahasa Arab, yakni qaraba dengan bentuk isim masdar “qurbanan” yang berarti dekat. Karena itu tujuan berqurban adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah.Perintah berqurban ini telah digariskan Allah dalam Al Quran surah Al-Kautsar ayat 1-2 yang artinya “sesungguhnya kami telah memberika nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berqurbanlah.

Dengan dasar perintah qurban tersebut, maka jumlah warga Desa Mangunlegi yang melaksanakan ibadah qurban tahun 2020 ini luar biasa. Tercatat ada 5 ekor sapi dan 22 ekor kambing, dengan rincian Dukuh Mangunan sejumlah 3 ekor sapi dan 14 ekor kambing dibagikan ke 281 penerima. Untuk Desa Asemlegi sejumlah 2 ekor sapi dan 8 ekor kambing dibagikan ke 152 penerima.

Walaupun masyarakat antusias dengan kegiatan qurban pada tanggal 31 Juli 2020, masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Penggunaan masker menjadi pilihan wajib bagi masyarakat yang menjadi panitia qurban tahun 2020.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*