Pemberian Makanan Tambahan ( PMT ) Pada Balita

Mangunlegi, 22 April 2020, Posyandu Melati Putih mengadakan kegiatan pemberian PMT pada Balita. Kegiatan tersebut berlangsung pada pukul 10.00 WIB hingga selesai. Pemberian Makanan Tambahan (PMT) adalah kegiatan pemberian makanan kepada balita dalam bentuk kudapan yang aman dan bermutu beserta kegiatan pendukung lainnya dengan memperhatikan aspek mutu dan keamanan pangan.

Serta mengandung nilai gizi yang sesuai dengan kebutuhan sasaran. Pemberian makanan tambahan merupakan suatu program dalam rangka mencegah semakin memburuknya status kesehatan dan gizi masyarakat terutama keluarga miskin yang diakibatkan adanya krisis ekonomi.

Adapun tujuan dari PMT tersebut adalah mempertahankan dan meningkatkan status gizi anak balita terutama dari keluarga miskin, meringankan beban masyarakat serta memotivasi ibu-ibu untuk datang ke posyandu. Untuk mencapai keberhasilan program ini sangat diperlukan peran serta masyarakat berhubung bahwa dana yang disediakan pemerintah terbatas.

Sejalan dengan program PMT, maka petugas gizi lapangan yang ada di puskesmas tetap melakukan pemantauan perkembangan berat badan balita sekali sebulan melakukan penimbangan dan pengukuran tinggi badan. Untuk itu disarankan pemberian makanan tambahan diberikan secara terus menerus hingga kelompok sasaran dinyatakan berstatus gizi yang baik sesuai dengan aturan kesehatan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan